::.

Luasnya negara Indonesia

Indonesia merupakan negara yang luas. Jika hanya diukur dari luas daratannya saja Indonesia berada di peringkat 15 negara terluas di dunia. Namun Indonesia bukan saja terdiri dari daratan saja tapi juga memiliki wilayah yang berupa lautan. Luas laut Indonesia adalah tiga kali luas daratannya. Wilayah laut Indonesia dibagi menjadi 3 bagian yakni laut teritorial sejauh 12 mil, Zona Tambahan sejauh 24 mil dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sejauh 200 mil.

Kalau ditotal luas daratan dengan luas laut Indonesia maka Indonesia ternyata sangat luas. Total luas wilayah indonesia adalah 7.9 juta km² yang terdiri dari 1.8 juta km² wilayah daratan dan 3.2 juta km² wilayah laut teritorial serta 2.9 juta km² laut perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Panjang Indonesia dari barat ke timur juga sangat panjang. Indonesia terbentang sepanjang 5150 km dari Samudera Indonesia hingga Samudera Pasifik. 

Untuk mengukur betapa luas (darat dan lautnya) dan panjangnya (dari barat ke timur) Indonesia dengan negara lainnya kita bisa menumpangkan peta Indonesia dengan peta beberapa negara besar atau benua. Kita bisa menggunakan tool di overlapmaps.com untuk membandingkan luas Indonesia dengan luas negara lainnya.

 
Luas Indonesia dibandingkan dengan luas Amerika Serikat


Peta Indonesia jika ditumpangkan di atas peta Amerika Serikat maka akan terlihat Indonesia membentang dari Laut Pasifik di barat daratan Amerika Serikat sampai Laut Atlantik di timur daratan Amerika Serikat.  Jarak ujung barat Indonesia ke ujung Timur Indonesia bisa sama dengan jarak California ke Bermuda.


Luas Indonesia dibandingkan dengan luas Australia

Peta Indonesia ditumpangkan di atas peta Australia, terlihat panjang Indonesia melewati ukuran panjang dari barat ke timur Australia.


Luas Indonesia dibandingkan dengan luas India

Peta Indonesia ditumpangkan di atas peta India, terlihat panjang Indonesia beberapa kali panjang India. Panjang Indonesia hampir sama dengan jarak Pakistan ke Laut China Selatan.


Luas Indonesia dibandingkan dengan luas China

Peta Indonesia ditumpangkan di atas peta China, terlihat panjang Indonesia dari barat China bisa sampai ke kepulauan Jepang.



Luas Indonesia dibandingkan dengan luas Eropa

Peta Indonesia ditumpangkan di atas peta Eropa terlihat wilayah Indonesia membentang dari Inggris di barat sampai ke Laut Kaspia di timur.

Negara Indonesia yang membentang dari 6˚08΄ LU hingga 11˚15΄ LS, dan dari 94˚45΄ BT hingga 141˚05΄ BT ternyata merupakan negara yang luas. Wilayah Indonesia dengan lautnya kurang lebih sama dengan luas wilayah Eropa atau hampir sama dengan luas Amerika Serikat dan Australia. Jika kita ingin berangkat dari ujung barat Indonesia ke timur Indonesia itu bisa hampir sama dengan kita melakukan perjalanan melintasi benua Eropa. Jika kita ingin ke Papua dari Aceh itu bisa hampir sama jaraknya jika kita ingin terbang dari Jakarta ke Jepang. Bisa dibayangkan betapa luasnya Indonesia ini.
Share this article :

+ komentar + 19 komentar

Sabtu, 30 November, 2013

Indonesia memang top, selain wilayahnya yang luas indonesia juga menjadi negara terkaya di dunia dengan sumber daya alam yang tak ada duanya...
I love Indonesia

Sabtu, 14 Desember, 2013

iyaaa betul tu,,, perjalanan dalam negri aja berjamjam sama pesawat, indonesia kereeen pokoknya

Rabu, 25 Desember, 2013

Indonesia yang luas ini harus dijaga keutuhan wilayahnya.

Rabu, 19 Maret, 2014

itu karena indonesia ada di khatulistiwa makanya bujurnya lebar, seandainya indonesia ada di lintang utara/selatan yang mempunyai lintang 45 derajat dan dengan nilai bujur yang sama dengan 94 BT hingga 141 BT kemungkinan luasnya akan berkurang. itu pengamatan saya

Rabu, 09 April, 2014

Merdekaaaaaaaaa

Jumat, 05 September, 2014

kereeeen banget indonesia

Selasa, 02 Desember, 2014

Negara besar dan kaya juga penduduk yg ramah tamah dan sopan. Tapi sayang tdk ada keberkahan dan kemakmuran. Yg kaya kaya sekali dan yg miskin miskin sekali.

Jumat, 20 Februari, 2015

Indonesia top bangat dengan budayanya.

Kamis, 14 Mei, 2015

Semoga allah memberkahi indonesia.... menjaga pemimpin yang amanah.... menggantung pejabat yang korup...

Kamis, 14 Mei, 2015

indonesia negara yang sangat luas... terbagi tiga waktu WIB.. WITA.. WIT... masyaAllah semoga allah selalu memberkahi negeri indonesia tercinta... melindungi pemimpinnya yang jujur.... menggantung para pejabat yang tidak amanah.....

Kamis, 14 Mei, 2015

indonesia negara yang sangat luas... terbagi tiga waktu WIB.. WITA.. WIT... masyaAllah semoga allah selalu memberkahi negeri indonesia tercinta... melindungi pemimpinnya yang jujur.... menggantung para pejabat yang tidak amanah.....

Senin, 21 September, 2015

benar banged, hanya pemimpin negeri ini masih belum pandai mengelola negeri ini dengan bijaksana, tepat dan merata..

Senin, 21 September, 2015

jika dilihat, ditelusuri, dimengerti dan dikelola dengan tepat, indonesia bisa makmur
tapi kok seolah-olah negeri ini terkesan menetap pada posisi yang ditempati oleh negara-negara "berkembang/miskin", bagaikan seseorang yang mempunyai banyak kendaraan, tapi ia tak tahu cara mengendarai, dimana manajemen pengelolaan atas kendaraan-kendaraanya pun hanya menganut politik ingge,..... ,.. ingge mas....!!!
apa benar negeri ini sulit ditata dengan rapih??, apakah negeri ini butuh waktu yang sangat lama??,
tidak...!!!!, jawabannya tidak perlu menunggu waktu yang panjang, hanya keengganan/ketakutan untuk bertindak+ketidakmampuan mengarahkan negeri ini pada tujuan, hingga nampak selama ini hanya berjalan di tempat...!!!!!!!!

Selasa, 06 September, 2016

Indonesia Bisa jadi Super Power.

Minggu, 18 Februari, 2018

Tapi kekayaan nya di ambil sama negara asing

Jumat, 23 Maret, 2018

Indonesia kita bisa maju jika kita merapkan simtim saling membantu yang kaya membatu ya miskin yang pintar menolong yang bodoh dan berenti konsumsi narkoba..... Karena kita anak muda harapan bangsa jangan kita hanya santai pikirkan negri kita ini tunjukan bakat mu karena bangsa ini masih membutukan anak muda yang bisa berkariya utuk nusa dan bangsa..... Jangan biarkan negara lain mengejek kita karena kita mampu pasti dan merdeka....

Senin, 25 Juni, 2018

Wow luas sekali Indonesia, negara yang lebih panjang dari Amerika Serikat mungkin no 2 terpanjang setelah Rusia

Selasa, 26 Juni, 2018

Indonesia harus bisa mengelola sumber dayanya dengan baik itu bisa membuat kita menjadi raja ekonomi global ayok semua jangan pada malas burusahalah utk bangkit masa depan di deoan mata negara kecil aja bisa maju mengapa kita tidak.. Jangan buang waktu dengan kata malas tapi mamfaatkan dengan baik waktu itu berharga marilah kita mulai berkereasi pandangan kedepan dan masa depan itu menunggumu ingat kita yg mancari uang bakan uang yg mencari kita. I love indonesia tetaplah utuh dalam kemajemukanmu dan dalam panasila. ...kerja. .Kerja.. Kerja. ..

Kamis, 06 Desember, 2018

Indonesia memang keren....I love Indonesia

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger