::.

7 keajaiban alam versi New7Wonders dan tandingannya di Indonesia

Keajaiban alam dunia atau New 7 Wonders of Nature telah terpilih beberapa tahun lalu. Keajaiban alam dunia dipilih dengan menggunakan kriteria seperti kecantikan dan keunikan alam, signifikansi ekologi, dan warisan sejarah.  Jutaan pemilih telah mengambil bagian dalam pemilihan ini. Keajaiban alam versi New7Wonders telah terpilih yaitu Hutan Hujan Amazone, Halong Bay, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Table Mountain dan Pulau Komodo.

Ternyata alam Indonesia juga memiliki keajaiban yang tidak kalah keindahannya dengan alam yang menjadi keajaiban alam versi New7Wonders tersebut.  Berikut 7 keajaiban alam versi New7Wonders dan tandingannya di Indonesia.

Hutan Hujan Amazone vs Hutan Kalimantan

Amazon merupakan hutan hujan yang terbentang di beberapa negara, seperti Bolivia, Brasil, Colombia, Ekuador, French Guiana, Guyana, Peru, Suriname dan Venezuela. Amazon merupakan lebih dari separuh hutan hujan tersisa di bumi ini. Di amazon juga terdapat Sungai Amazon yang merupakan sungai terbesar di dunia dalam hal volume.


Indonesia juga memiliki hutan dan sungai yang mirip dengan yang ada di amazon. Hutan di Kalimantan bisa disebut sebagai Amazon-nya Indonesia. Hutan Kalimantan  memiliki beberapa jenis tumbuhan yang sama dengan tumbuhan endemik yang ada di Amazon. Hutan Hujan Tropis Kalimantan juga memiliki Fauna yang mirip dengan hutan Amazon. Contohnya: Pesut, Anaconda dan beberapa hewan langka yang hanya ada di Kalimantan dan Amazon. Sungai-sungai di Kalimantan yang mirip dengan sungai Amazon menambah kemiripan antara Kalimantan dan hutan Amazon.


Halong Bay vs Raja Ampat Papua

Halong Bay terletak di Teluk Tonkin Vietnam. Keajaiban Halong Bay disitu kita dapat melihat pemandangan alam Halong Bay dengan bukit-bukit yang muncul dari laut yang sangat menarik dan unik. Di teluk ini, dengan luas sekitar 1.500 persegi, berserakan 1.996 pulau karang dan sebagian di antaranya tampak hijau.


Raja Ampat Papua juga memiliki pemandangan dengan kumpulan bukit yang terbentuk dari bebatuan karst yang mirip dengan Halong Bay. Bedanya, jika Halong Bay merupakan perairan yang cukup dalam, Raja Ampat lebih landai sehingga pemandangan menjadi lebih indah. Hamparan pasir putih di dasar menjadikan air di atasnya berwarna hijau kebiru-biruan sehingga nampak sangat indah.

Air Terjun Iguazu vs Curug Malela 


Air terjun Iguazu terletak di perbatasan tiga negara Amerika Selatan, yaitu Paraguay, Brazil, dan Argentina. Air terjun ini termasuk yang terbesar di dunia. Keunikan air terjun ini yaitu tidak hanya terdiri dari satu buah aliran air terjun, melainkan terdiri atas 275 buah air terjun kecil yang jatuh secara bersamaan dengan posisi yang berdekatan.


Indonesia memang tidak punya air terjun sebesar Air terjun Iguazu, namun Indonesia punya air terjun cukup megah dan indah yaitu air terjun Malela Bandung. Air terjun ini terletak di Desa Cicidas, Bandung Barat, Jawa Barat. Biasanya air terjun ini dijuluki air terjun 'miniatur' niagara. Namun kini kita bisa saja menyebut air terjun ini sebagai miniatur  Air Terjun Iguazu.


Pulau Jeju vs Pulau Samosir


Jejudo adalah sebuah pulau vulkanik yang berada sekitar 130 km dari pantai selatan Korsel. Pulau ini memiliki luas permukaan 1.846 km2.  Di pulau ini terdapat gunung berapi tertinggi di Korsel, Halla-san yang menjulang setinggi 1,950 meter dari permukaan air laut.



Indonesia juga memiliki pulau vulkanik yang tidak kalah ajaib dengan Pulau Jeju yaitu Pulau Samosir. Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Samosir merupakan Sebuah pulau di dalam pulau Sumatera. Pulau samosir adalah bagian kaldera yang tidak terendam air, sedangkan danau Toba adalah sebuah kaldera atau kawah yang sangat luas dari sebuah gunung api.


Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa vs Sungai Gua Pindul


Sungai Puerto Princesa terletak di Filipina. Sungai bawah tanah ini konon terpanjang sedunia. Puerto Princesa Underground River mengalir di dalam gua, panjangnya sekitar 8,2 Km. Sungai itu bermuara langsung di Laut China Selatan.


Indonesia juga punya sungai bawah tanah yang tidak kalah menarik yaitu sungai bawah tanah Goa Pindul yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Hanya yang membedakan tempat ini yaitu sungai Puerto Princesa langsung mengalir ke laut dan sungai Puerto Princesa lebih panjang dari yang ada di Goa pindul. Kelebihan Sungai bawah tanah gua Pindul yaitu kita bisa menyusuri sungai ini dengan lebih mudah karena Aliran air sungai bawah tanah Gua Pindul cukup tenang bahkan saat  banjir. Aliran sungai berasal dari mata air Gedong Tujuh, yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Goa Pindul memiliki panjang sebesar 350 meter dan terbagi atas tiga zona yakni zona terang, remang-remang serta gelap abadi. Keunikan lainnya dari Gua Pindul yaitu memiliki batu stalaktit terbesar ke-4 sedunia.


Table Mountain vs Bromo


Gunung meja (Table Mountain) terletak di Afrika Selatan. Gunung berbentuk datar seperti meja ini terbentuk dari erosi enam juta tahun yang lalu.



Indonesia juga punya gunung yang tidak kalah indah yaitu Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur. Bromo memang bukan gunung yang puncaknya datar seperti meja seperti halnya Table Mountain di Afrika Selatan. Namun Bromo tentunya juga pantas juga disebut sebagai keajaiban alam dunia. Gunung Bromo setinggi 2.392 meter dari permukaan laut merupakan tempat menakjubkan karena pemandangan lembah dan kaldera seluas 10 kilometer yang bertautan. Keajaiban lain dari Bromo disini kita bisa menemukan padang pasir dan padang savanna yang luas.

Pulau Komodo


Pulau Komodo yang juga ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia oleh organisasi Ne7Wonders ini terletak di Indonesia. Pulau Komodo yang terletak di provinsi NTT adalah milik Indonesia yang tidak kita menemui tempat yang mirip dengan Pulau Komodo ini. Di Pulau ini hidup Hewan Purba Varanus Komodoensis alias Komodo. Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam.Tentu saja keajaiban pulau Komodo bukan disitu saja. Kondisi alam pulau Komodo unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya. Keajaiban lainnya di Pulau Komodo ada pantai yang pasirnya bewarna pink. Pulau Komodo juga  terdapat perairan yang termasuk dalam keajaiban dunia bawah air lautnya. Sebenarnya banyak keajaiban di pulau Komodo ini jadi sangat pantaslah Pulau Komodo dinobatkan sebagai salah satu keajaiban alam dunia.

Sebenarnya Indonesia memiliki banyak keajaiban alam yang belum banyak diketahui orang. Alam Indonesia tentunya tidak kalah ajaib dengan alam di negara lain.
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

Selasa, 18 Februari, 2014

Alam Indonesia memang penuh keajaiban

Rabu, 19 Februari, 2014

Indonesia memang negeri Surga namun kita sendiri yang merusaknya

Kamis, 20 Februari, 2014

Sangat menarik Sob. Membuat kita bangga. Tanggung jawab kita untuk menjaga keindahan dan kelestariannya.

Rabu, 12 Maret, 2014

keren gan, boleh copas ga gan?

Senin, 17 Maret, 2014

silakan sebarkan asal ada linknya ke http://indonesiatop.blogspot.com

Sabtu, 22 Maret, 2014

Wah Komodo masih superior untuk keajaiban dunia di Indonesia

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger