::.

Jalan setapak unik di Indonesia

Jalan setapak merupakan jalan untuk orang berjalan kaki. Disamping untuk tempat berjalan, jalan setapak juga bisa untuk dinikmati sebagai tempat wisata jalan kaki. Indonesia memiliki jalan-jalan setapak unik yang bisa dikunjungi untuk wisata.

Berikut beberapa jalan setapak unik di Indonesia:

Jenjang Koto Gadang

Jalan setapak ini bernama Janjang Koto Gadang. Letaknya berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Panjang Janjang Koto Gadang ini adalah 1 km menghubungkan kawasan Bukittinggi dan Agam. Keunikan jalan setapak ini yaitu berbentuk tembok besar yang membentang seperti layaknya tembok Cina.

Canopy Bridge Bukit Bangkirai

Jalan setapak ini berbentuk Canopy Bridge. Canopy Bridge ini terletak di Bukit Bangkirai, Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Canopy Bridge merupakan jembatan gantung atau jembatan tajuk dengan tinggi 30 M yang terbentang dari pohon Bangkirai yang satu ke pohon Bangkirai yang lain. Dari atas jembatan, kita bisa menikmati pemandangan hutan Kalimantan yang luas.

Jembatan Pulau Kojadoi 

Jalan setapak ini menghubungkan Pulau Kojadoi dengan Pulau Kojagete. Kojadoi terletak di kawasan pulau-pulau kecil di sebelah utara Laut Flores. Jalan setapak ini sangat unik karena merupakan jembatan yang melintasi laut dari tumpukan batu dengan panjang sekitar 500 meter.  Jembatan ini akan tenggelam apabila air laut pasang.

Trotoar merdeka utara

Jalan setapak ini merupakan trotoar yang terletak di tepi Jalan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Keunikan dari trotoar ini terdapat tapak kaki presiden yang pernah memerintah Indonesia. Pada trotoar ini terdapat cetakan-cetakan kaki milik enam orang yang pernah memimpin bangsa Indonesia yaitu Sukarno, Suharto, Habibie, Gusdur, Megawati dan SBY.  Khusus untuk Presiden Sukarno hanya tampak cetakan sepatunya saja bukan telapak kakinya. Lokasi trotoar ini berseberangan dengan Istana Negara yang sejak dulu menjadi tempat para Presiden itu menjalankan tugas kenegaraan.

Jalan setapak Bromo

Jalan setapak ini terletak di  tepi kawah gunung Bromo, Jatim.  Pada Jalan setapak ini terdapat tangga beton untuk menuju ke tepi kawah gunung Bromo. Jumlahnya sekitar 250 anak tangga. Anak tangga dipenuhi debu pasir yang cukup licin, membuat pengunjung harus ekstra hati-hati untuk menaikinya.

Jalan setapak kota Agats

Jalan setapak ini dari papan kayu ini terletak di Agats, Papua.  Jalan setapak ini berdiri di atas hamparan papan-papan kayu. Semua jalan setapak di kota Agats memang berada di atas papan kayu bahkan semua bangunan termasuk rumah di kota ini memang berada di atas papan kayu.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Selasa, 08 Oktober, 2013

wow unik-unik jalan setapaknya

Selasa, 08 Oktober, 2013

Indonesia emang top markotop deh

Sabtu, 14 Desember, 2013

aaasikkk keren banget yaaaa bersih,segar,tinggal di tengah penghijauan itu mimpi ku,,,,,

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger