::.

Jalan Unik di Indonesia

Indonesia memiliki jalan-jalan raya yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Ada beberapa jalan yang bisa disebut paling unik di Indonesia. Berikut jalan unik yang terdapat di Indonesia:

Jalan Kelok Sembilan Sumatera Barat

Jalan Kelok 9 merupakan salah satu jalan yang unik yang terdapat di Sumatera Barat. Kelok 9 adalah nama untuk ruas jalan nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau.  Jalan ini dinamakan kelok 9 karena jumlahnya 9 tikungan. Tikungan di jalan ini tajam dan sangat ekstrim. Jalan ini juga berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Pada lokasi ini juga dibangun jembatan layang yang diapit dua bukit. Fly Over Kelok 9 berbentuk melengkung panjang dan tajam, berdiri di atas pilar-pilar setinggi 50 – 80 meter, serta memiliki 6 jembatan layang.


Jalan tol di atas laut Bali

Jalan tol di atas laut Bali merupakan tol yang menghubungkan Denpasar-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua.  Keunikan Jalan tol ini karena jalan ini melintas di atas permukaan laut  yang berada di Teluk Benoa. Jalan tol ini juga memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya. Jalan tol yang membentang di atas laut ini diberi nama "Bali Mandara", yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera. Tol Laut Bali ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang melintas di atas laut.  Jalan tol atas laut di Bali ini juga diklaim sebagai jalan tol terindah di Dunia.


Jalan Heat  di Penambangan PT Freeport tembagapura Papua

Heat Road (HEAT (Heavy Equipment Access Trail) road) merupakan jalur jalan yang menuju area pertambangan Grasberg di wilayah pertambangan PT. Freeport Indonesia.  Grasberg berada di ketinggian 4.285 meter, salah satu gugusan pegunungan Jayawijaya. Jalan ini berkelok-kelok, dengan kanan kirinya perbukitan, tebing dan jurang yang curam. Jalan HEAT (HEAT Road) diperuntukan bagi kendaraan besar yang mengangkut suku cadang alat-alat berat ke wilayah Grasberg.


Jalan Slamet Riyadi Solo

Jalan di Kota Solo memiliki keunikan karena disamping jalan itu dilintasi kendaraan bermotor juga dilintasi kereta api. Rel Kereta Api tepat di sebelah badan jalan Slamet Riyadi Solo. Rel itu dilewati kereta api jurusan Solo-Wonogiri. Keunikan ini hanya terdapat di Kota Solo dimana rel kereta api berada di badan jalan utama kota.

 
Jalan layang tol simpang susun Tomang, Jakarta

Jalan layang tol simpang susun Tomang dari arah Grogol menuju Kebon Jeruk merupakan Jalan Bertingkat atau bersusun. Keunikan jalan ini disamping berkelok juga menanjak. Kondisi lalu lintas di jalan Layang Tomang terbilang padat dan jika ada kendaraan mogok di atas jembatan maka akan terjadi kemacetan parah.  Sering terjadi kendaraan truk yang tidak kuat menanjak melintasi jalan layang Tomang, akhirnya berhenti di tengah-tengah jalan sehingga menghambat lalu lintas.

Share this article :

+ komentar + 9 komentar

Anonim
Sabtu, 05 Oktober, 2013

ternyata indonesia banyak yang unik juga yah. ^^

Sabtu, 05 Oktober, 2013

Unik gan, tpi ada yang ngeri juga lihat jalannya. . .

Minggu, 06 Oktober, 2013

jalannya bagus2 gann... hehe

Anonim
Minggu, 06 Oktober, 2013

yang keren yang di papua itu kali ya,... soalnya penuh dengan resiko kayaknya

Sabtu, 14 Desember, 2013

waaaa kereen banget yaaaa

Jumat, 23 Mei, 2014

impian ane bisa jalan pake mobil sport melalui jalan-jalan unik gitu.

Jumat, 29 Mei, 2015

menarik sekali, menambah wawasan saya. terimakasih jadi tambahan bacaan saya selain di peluangproperti.com

Jumat, 29 Mei, 2015

waaah menarik sekali :) terimakasih beritanya menambahkan refrensi bacaan saya di peluangproperti.com

Sabtu, 20 Juni, 2015

jalan nya bagus, gak kalah sama luar negri tapi ada yg menegangkan jalannya.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger