::.

Ada suasana 4 musim di Indonesia

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia kita bisa merasakan suasana seperti di negara 4 musim.

Musim Salju 


Salju biasa terjadi pada negeri beriklim subtropis dan sedang. Namun, ada juga daerah tropis yang bersalju, salah satunya di Grasberg, Papua. Hujan salju di Grasberg menjadi unik karena berada di Indonesia yang merupakan negara tropis. Puncak dari pegunungan Grasberg berada pada ketinggian 4.285 mdpl sehingga suhu di daerah itu bisa mencapai 2 derajat Celcius dan terkadang bisa turun salju.

Musim Panas Gurun



Sebagai negara dengan iklim tropik tentu tidak aneh bila kita dapat merasakan musim panas di Indonesia. Namun hal yang aneh bila di Indonesia bisa dirasakan musim panas seperti halnya di daerah gurun. Kita bisa merasakan suasana gurun atau padang pasir di kawasan Gumuk pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Sama seperti gurun pasir di Timur Tengah dan Afrika, suhu di kawasan Gumuk pasir Parangkusumo berubah-ubah. Saat siang hari panas di tempat ini sangat terik, tapi malam hari udara akan berubah menjadi sangat dingin.

Musim Gugur


Banyak pohon dan tumbuhan menggugurkan daun secara perlahan saat musim gugur tiba yang biasa terjadi di negara 4 musim. Pada musim gugur, daun yang biasanya berwarna hijau berubah menjadi kuning dan merah kecoklatan sebelum rontok. Di Indonesia suasana pohon yang menggugurkan daunnya bisa ditemukan di hutan jati misalnya hutan jati di daerah Jawa Timur dan daerah lainnya. Pada saat puncak musim kemarau, pohon jati menggugurkan daunnya sehingga pohon terlihat jarang daunnya bahkan tampak tanpa daun, tinggal cabang dan ranting-ranting kering.

Musim Hujan


Musim hujan sudah tidak aneh terjadi di Indonesia tapi ada wilayah di Indonesia yang hampir selalu hujan. Kota Bogor yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Barat  ini adalah salah satu kota kabupaten yang memiliki kadar curah hujan yang tinggi. Kota ini terletak di ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut. Udaranya relatif sejuk. Suhu rata-ratanya setiap bulan hanya 26 derajat Celcius. Kelembaban udaranya pun kurang lebih 70% saja. Kondisi inilah yang membuat curah hujan di Bogor sangat tinggi. Karena hal itu, kota Bogor disebut sebagai Kota Hujan. Kalau sedang musim hujan, kota ini benar-benar basah. Bisa-bisa seharian kota ini diguyur hujan tanpa henti.

Ternyata di negara Indonesia ini kita bisa juga merasakan salju, musim gugur dan suasana di gurun pasir. Memang suasananya tidak sangat mirip di negara 4 musim. Namun daerah-daerah unik ini bisa kita kunjungi untuk berwisata dan menikmati keadaan alamnya.
Share this article :

+ komentar + 10 komentar

Rabu, 15 Mei, 2013

musim banjir nggak masuk ya kang jadi lima dong kalau gitu

Rabu, 15 Mei, 2013

Indonesia memang negeri yang luar biasa, Indonesia tanah air beta

Kamis, 16 Mei, 2013

gumuk pasir di parangtritis, insya allah aku ksana liburan nanti

Kamis, 16 Mei, 2013

asalamualaikum
wah ternyata ada 4 musim, saya baru tahu
dulu tahunya hanya musim hujan dan kemarau saja

Senin, 20 Mei, 2013

semua musim ada di Indonesia..hebat luarbiasa :-)

Kamis, 30 Mei, 2013

Indonesia

Rabu, 20 November, 2013

memang bhinekka

Senin, 19 Mei, 2014

Musim gugur di indonesia panas, kalo di eropa musim gugurnya berudara sejuk dan dingin.

Minggu, 06 Desember, 2015

Ternyata walaupun cuma ada 2 musim tapi, suasana 4 musim juga ada di Indonesia ya, Indonesia Hebat

Selasa, 01 November, 2016

baru tahu kalau di indonesia ada 4 musim...tahunya cuma 2 musim...musim hujan dan kemarau...sebenarnya masih banyak ada musim durian, rambutan, mangga dll...hehehe....

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger