::.

Warisan Budaya dunia asal Indonesia yang diakui UNESCO

UNESCO secara resmi memasukkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia bukan benda (intangible heritage) asli dari Indonesia. Sebelumnya UNESCO telah memasukkan wayang kulit dan keris sebagai warisan budaya dunia bukan benda asal Indonesia. Yang dimaksud budaya tak benda oleh UNESCO terdiri dari budaya lisan, cerita, termasuk bahasa, seni pentas, tari, wayang, adat istiadat kebudayaan masyarakat, kerajinan tradisional, dan semua benda yang terkait dengan lingkungan alam tersebut. Sementara budaya benda terdiri dari monumen, candi, pemandangan alam, dan sebagainya.

Berikut warisan budaya dunia bukan benda asal Indonesia yang telah diakui UNESCO:

Wayang

Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai "Karya Agung Budaya Dunia" yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Tapi wayang yang lebih dikenal di Indonesia adalah wayang kulit Jawa. Wayang Kulit terbuat dari kulit hewan biasanya Sapi, Lembu, Kambing. Bentuk wayang sangat menarik dengan melihat keindahan artistik pahatan dan pewarnaan sang wayang. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang dalam pertunjukan wayang sangat pandai membawa suasana emosi penonton mulai dari serunya peperangan sampai cerita lucu yang dibawakan sang dalang sampai membuat penonton tertawa. Tahun 1950-1960-an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti Barat, Boas sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.


Keris

UNESCO menyatakan Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di nusantara menjadikan keris menjadi senjata pusaka. Keris telah digunakan sejak abad ke-9 dibuat dengan logam dan gagangnya dibuat dari tulang, tanduk atau kayu. Keris dibuat dari logam yang berkualitas. Keris Kuno bahkan logamnya berasal dari meteor yang jatuh ke bumi. Para Peneliti menyebut bahwa keris kuno mengandung unsur logam titanium suatu bahan yang baru pada abad 20 digunakan sebagai bahan pelapis kendaraan angkasa luar, tapi ternyata para Mpu pembuat keris telah menemukannya terlebih dahulu sebagai bahan pembuat keris.

Batik

Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Batik dihasilkan dengan proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin panas dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar pada kain katun dan sutra. Kesenian batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya.
Menurut Prof. Yohanes Surya, PhD, ahli fisika Indonesia, Batik adalah lukisan tentang alam dan dinamikanya. Berbeda dengan para pelukis naturalis yang melukis alam persis seperti apa yang dilihatnya, para pencipta batik melukis alam dari sisi yang lebih dalam. Pencipta batik mencari pola dasar dari suatu fenomena yang dilihatnya itu. Dari pola dasar ini ditambah dengan beberapa aturan sederhana, pencipta batik dapat menghasilkan lukisan batik. Butuh suatu kejeniusan untuk melihat pola dasar dan mencari aturan ini.


Setelah 3 hasil budaya Indonesia itu diharapkan Indonesia juga mendaftarkan kebudayaan Indonesia lainnya seperti angklung, tari pendet, reog, gamelan dan lain sebagainya. Masih banyak kekayaan Indonesia yang pantas disebut sebagai warisan budaya dunia.
Share this article :

+ komentar + 16 komentar

Jumat, 02 Oktober, 2009

Salam Kenal...
Smoga kita diberi kemampuan untuk menjaga warisan sejarah yang kita punya, ga hanya untuk kita saat ini tapi sebagai tanda bahwa kita adalah bangsa dengan budaya yang tinggi :)

Jumat, 02 Oktober, 2009

Salam kenal juga Sari.. Ya saya setuju dengan saran kamu.

Sabtu, 03 Oktober, 2009

Hidup Batik! Hidup Indonesia! kemarin kita rame-rame pakai batik loooh

Minggu, 04 Oktober, 2009

wah, ini keterangan yang padat dan bermanfaat.

makasih info-nya, gan

Minggu, 04 Oktober, 2009

ayo jaga budaya kita!

Minggu, 04 Oktober, 2009

@Ani: Semoga di hari berikutnya juga,
@Pradna: sama-sama
@ Ijal: Ayo kita sama-sama Menjaga

Rabu, 07 Oktober, 2009

Setelah dunia (UNESCO) mengakui giliran kita untuk menjaga dan mengembangkannya untuk anak cucu kita

Rabu, 07 Oktober, 2009

@Suryono: saya setuju

Senin, 12 Oktober, 2009

bravo batik, ayo kita lestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa

Rabu, 14 Oktober, 2009

Sebenarnya saya sangat - sangat bingung dengan proses memasukan hak budaya ke UNESCO, tapi saya sangat senang dengan perkembangan Indonesia yang sedikit demi sedikit telah menghargai Warisan Budaya, semoga kita terus menjaga dan melestarikan
Kebudayaan Indonesia

Kamis, 15 Oktober, 2009

budaya Indonesia memang kaya sekali. Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaganya.

terima kasih atas komentar anda di blog saya. Ayo kita sama-sama kerja keras dan semangat.

Jumat, 16 Oktober, 2009

atha like this !!!

sebenarnya masih banyak budaya kita selain yang diatas itu..
daftarin lagi :)
heeeeeeee..

biar dunia tahu budaya kita tuuu banyaaak banget :)

I LOVE INDONESIA,, I LOVE BATIK

Semoga aja lebih banyak lagi kebudayaan asal Indonesia yang diakui, sehingga tak diakui lagi ama tetangga!!Hidup Indonesia!!

Ipool
Kamis, 24 Desember, 2009

slm knal smua saudaraku.jujur aq blm pernah makek batik,INSYAALLAH stelah plng nnti aq mo beli n makek batik.aq sangat stuju dngn komentar anda smua.cintailah indonesia kita dngn sepenuh hati. I LOVE INDONESIA....

Kamis, 11 Februari, 2010

SEmoga dengan diakuinya budaya kita bisa membuat Indonesia terkenal dan tak diembat seenaknya oleh tetangga,,

Anonim
Selasa, 26 Juli, 2011

Hanya tiga???? Masih terlalu sedikit

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger