::.

Mesjid-mesjid ajaib yang ada di Indonesia

Pada bulan Ramadhan ini Indonesiatop.blogspot.com akan menulis tentang mesjid-mesjid yang memiliki arsitektur lain dari biasanya. Indonesia memiliki banyak mesjid yang unik dan beberapa memiliki arsitektur yang bisa dibilang ajaib.

Berikut mesjid-mesjid dengan arsitektur ajaib di Indonesia


Masjid Apung Al-Munawarah Ternate

Masjid Raya Al-Munawarah Ternate terletak di Ternate Maluku Utara. Mesjid ini jika dipandang dari arah laut ke daratan terlihat seperti terapung di atas lautan sehingga mesjid ini juga disebut dengan Masjid Apung. Sebenarnya masjid ini tidak benar-benar terapung. Masjid ini memiliki empat menara dimana dua diantara menara tersebut dibangun di atas air. Kedua menara tersebut disangga oleh fondasi yang tertanam ke dasar laut. Mesjid ini sangat indah dipandang mata.



Masjid bentuk kubus, Masjid Al Irsyad

Mesjid Al Irsyad terletak di kota Mandiri Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Mesjid ini begitu tampak luar biasa. Masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini didesain mirip Ka’bah. Dinding masjid ini detailnya dibentuk tulisan kaligrafi dengan kalimat As-Syahadah. Mesjid ini terlihat ajaib terutama jika malam datang, cahaya terang memancar dari dalam masjid dan membuat tulisan kalimat As-Syahadah itu jelas terlihat dengan indahnya. Uniknya lagi, tempat di bagian depan, tempat imam memimpin shalat (mihrab) tidak ada dinding, namun pemandangan lepas ke luar sehingga cahaya matahari bisa masuk.


Masjid Tiban Turen

Masjid Tiban Turen merupakan mesjid yang terdapat di Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah di Malang, Jawa Timur. Kyai Ahmad merupakan perintis Pondok Pesantren sejak 1963 sekaligus arsitek dari bangunan megah ini. Hampir seluruh bagian masjid penuh dengan ukiran dan kaligrafi cantik. Masyarakat sekitar ada yang bilang bahwa ini memang masjid ajaib karena itu disebut dengan sebutan "masjid tiban" alias masjid yang "tiba-tiba ada". Masjid ini sebenarnya merupakan bagian kompleks pondok pesantren yang dibangun oleh santri dan jamaah. Arsitektur mesjid ini begitu mengagumkan mirip seperti bangunan kerajaan di negeri dongeng.


Mesjid dalam Perut Bumi, Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi terletak di Tuban, Jawa Timur. Awalnya, Masjid Aschabul Kahfi merupakan gua alami yang berbatu dan tandus tak terawat. Kemudian KH Shubhan memiliki ide kreatif untuk mengalihfungsikan gua tersebut sebagai tempat ibadah. Masjid ini hanya terlihat bagian gerbangnya saja dari luar, bangunan lainnya berada di dalam perut bumi layaknya sebuah gua.





Masjid  Kubah Emas Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri terletak di Depok, Jawa Barat. Pembangunan masjid  ini diprakarsai oleh pasangan Hj. Dian Juriah M. Alrasjid dan Drs. H. Maimun Alrasjid, dengan arsitek Uke G. Setiawan. Mesjid ini mempunyai kubah yang luar biasa karena berlapis emas 24 karat setebal 1 - 2 milimeter. Di dalam mesjid langit-langit kubah berganti warna di tiap waktu shalat yang diatur oleh teknologi yang diprogram dengan menggunakan komputer. Mesjid Kubah emas ini sangat indah dan membuat kagum bagi siapa saja yang melihatnya.
Share this article :

+ komentar + 8 komentar

Jumat, 03 Agustus, 2012

Mesjid yang luar biasa unik

Minggu, 05 Agustus, 2012

asalamualaikum
subhanallah mesjid yang mengagumkan
yang bentuk kubus,baru lihat di foto ini.

Selasa, 07 Agustus, 2012

aku paling suka Masjid Apung Al-Munawarah Ternate, keren banget!.. :)

Minggu, 12 Agustus, 2012

Klo nggak salah inget di Makasar juga ada deh Masjid apung kaya yang di ternate itu, cuma belum rampung 100%... kagum kadang ngeliat kreatifitas arsitektur Indonesia udah mulai meningkat...

Jumat, 24 Agustus, 2012

Berkunjung silaturahim
Nice info
| Indahnya Berbagi |

Sabtu, 25 Agustus, 2012

Jika setiap daerah terdapat masjid yang unik, akan sangat mendukung syiar agama islam

Senin, 22 Juli, 2013

subhanallaaaaaaaaahhhh

Rabu, 20 November, 2013

maha suci allah

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indonesia Top - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger